ANTARA Si GANJIL DAN Si GENAP

Roti kluai khai is Thai for a roti with banana...

Rotinya Pa'i

Sebelumnya saya akan mengatakan sesuatu ::

NOTE ::

Bilangan genap adalah bilangan yang habis dibagi 2 (hasilnya merupakan bilangan bulat)

BIlangan ganjil adalah bilangan yang tidak habis dibagi 2 ( hasilnya pecahan)

“Gooooolllllllll, goollllllllllllllllllllllllllllllllll, gogggoooooooooooooooolllllllllllllllll…………… “ . Yah, kayaknya berisik sekali di sini.. Adalah si Pi’i dan si Pa’i yang lagi nonton sepak bola. Yah, tentu saja mereka tarohan (jangan ditiru). Pertandingan antara MAnchester United dan Barselona. Si Pi’i dukung Manchester united trus si Pa’i dukung Barcelona. Kalau kedua tim memperebutkan terofy liga champions, si Pi’i dan si Pa’i ini ngerebutin uang 10.000 rupiah (ketawa).

Suara tadi adalah suaranya si Pa’i ketika barcelona unggul 1-0.. spontan deh treak-treak sambil ngipasin uang tarohan mereka. si Pi’i diem aja. mungkin jengkel karena terprovokasi😦. Si Pa’i bilang “wah, lumayan buat beli roti, hahahaha (ngakak)”. Dalam hati si Pi’i bilang “sabar, sabar, orang sabar menang tarohan (apa hubungannya)”. Selang beberapa menit,

GOOOOOOLLLLLLLLLLLLL, GOOOOOOOOOOOLLLLLLLLL,GGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL,

treakan yang lebih keras dari treakan yang tadi.. Siapa yang teriak?? tentu saja si Pi’i lah.. 1-1 kedudukannya. gantian dia kipas-kipas pake uang itu. Si Pa’i yang menggerutu + manyun.  Babak pertama pun usai. yah, 1-1 adalah scor mereka dan skor tim mereka. hahaha

babak kedua dimulai, kali ini tambah seru lagi dan DUUUEEEEERRRRRRRR……. Si Pa’i treak lagi

GOOOOOOOLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL (sambil nglirik si Pi’i)..

gak lama lagi si Pa’i tambah jejingkrakan karena barcelona udah unggul 3-1 lo. trus menang deh si Pa’i… langsung disrobot uangnya dia beliin roti kesukaanya 2 biji. Dibawanya di depan si Pi’i. Pamer dia tentunya…..

Lalu si Pi’i punya akal… Diajukan sebuah pertanyaan  ….

“heh, angka 1 itu genap ato ganjil??”. kalo bisa jawab tak beliin roti lagi.. klo g bisa rotinya buat aq…

Si Pa’i jawab. ” Ok, jelas ganjil lah, hem, sana kamu beliin saya roti lagi!” seru si Pa’i…

“eit, tunggu dulu jawabannya salah kok”…… kata si Pi’i

“1 itu bilangan genap”….. tambahnya lagi

si Pa’i heran.. “kok bisa??”

Si Pi’i jelasin “bilangan genap kan bilangan yang habis dibagi 2.. MIsalkan roti ini (ada 2 roti), jika dibagikan ke kita berdua kan habis (sambil memakan rotinya). tuh habis kan.. yang kamu pegang itu jg habis kan??”…..

“Nah, jadi kalo 2 itu bilangan genap”……

“si Pa’i protes, eh tadi kan baahas angka 1. klo 2 itu memang genap..”

Di jawab sama si Pi’i. ” coba bagi 1 roti yang kamu pegang.” diambil roti bagiannya trus dimakan. “GImana?? habis kan?? jadi 1 itu bilangan genap kan?? brarti kamu salah, sini rotinya buat aku aja..” diambil roti yang dipegang Si Pa’i trus dimakan deh..

Si Pa’i cuman bengong aja sambil ngangguk-ngangguk..

trus Si Pa’i jalan keluar sambil Geleng-geleng. dalam hati berkata,“Untung aku pinter matematika, haha, LUmayan kagak jadi kalah tarohan, xixixi :mrgreen:……..”

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on 14 June 2011, in Cerpen and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Hahaha… analoginya bagus..

  2. wah… curang dong di Pi’i…

  3. wah… curang dong si Pi’i…

  4. Hahahahaha, lucu..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: